RSS

Instagram: The Power of 3m Followers

04 Sep

Welcome to social media marketing, fellas! 

Saya sebenarnya bukan bukan marketing geek, tetapi saya baru saja menemukan fakta menarik tentang social media marketing di instagram. Baru-baru ini, project yang saya handle (Svarga Resort Lombok, http://www.svargaresort.com) baru saja dikunjungi oleh instaseleb: Dian Pelangi, yang memiliki 3 juta followers. Siapa tak tahu Dian Pelangi? Desainer muda berbakat yang menyasar segmen market fashion muslim ini bahkan sudah cukup rajin fashion show di kancah internasional: New York, Paris, Milan, London, dll.

Dian Pelangi di Svarga Resort Lombok

Dian Pelangi ketika menginap di Svarga Resort Lombok

Apa fakta yang saya temukan? Sejak Dian mengunggah foto pertamanya di Svarga, Follower akun instagram Svarga Resort Lombok, yang tadinya hanya berkisar 600-an, setelahnya langsung kebanjiran follower. Hampir setiap detik di dua hari pertama kunjungan Dian Pelangi, ada saja notifikasi follower baru. Belum lagi, satu foto yang diunggah oleh Dian, dalam kisaran waktu hanya 1 jam, langsung mendapat belasan ribu Likes. Belasan ribu! Bayangkan, apa kabar kalau yang datang Raisa ya??? hehehe. Dan hasilnya, hingga hari ini saya menulis tulisan ini, follower Svarga sudah mencapai 2144 followers. Naik lebih dari 3X lipat followers sebelumnya. Menarik, bukan?

Sebelumnya, Svarga pernah juga didatangi oleh beberapa public figures, misalnya Alvin Adam (Pembawa Acara Just Alvin), Nina Tamam (Personil grup musik WARNA), Ria Miranda, dan juga Lisa Namuri (instruktur yoga privat dan juga brand ambassador brand fenomenal, Wardah). Sejauh ini, follower mereka memang masih kalah banyak dengan Dian Pelangi, sehingga “imbas” kedatangan Dian Pelangi ini terasa cukup berbeda dan signifikan.

Pantas saja, sekarang ini banyak sekali produk barang dan jasa yang kemudian berbondong-bondong berburu endorsement para public figure. Lihat saja hadiah-hadiah yang diterima oleh Raffi-Gigi dan diupload di instagram pasca kelahiran anak mereka. Atau, coba amati beberapa public figure lainnya, dan bagaimana mereka “mention” dan “show off” produk yang mereka gunakan. Mereka tak hanya menyebutkan merek produk, tetapi juga menunjukkan mengapa mereka menyukai produk tersebut, keunggulannya, dll. Ternyata, ini kuncinya: social media marketing!

Awalnya, saya sendiri tak menyangka bahwa efek dari social media marketing itu akan cukup besar. Ternyata, memang dunia pemasaran telah memiliki babak baru yang mungkin belum banyak ditulis di buku-buku teks konvensional. Saya sendiri telah melihat hasilnya.🙂

Well, again, welcome to new marketing world, fellass!

 
Leave a comment

Posted by on September 4, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: