RSS

Tips Belajar IELTS (Band Score: 7.5) Part 2

28 Jul

Di blog post sebelumnya saya sharing pengalaman saya dalam belajar IELTS, yang lebih fokus membahas mengenai sumber bahan bacaan dan belajar. Di bagian ini, saya akan lebih memfokuskan tentang bagaimana sistem belajar saya dalam mempersiapkan IELTS.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, persiapan tes IELTS saya dapat dibilang tidaklah lama, hanya 1,5 bulan saja. Saya anggap itu agak nekat karena saya sebelumnya sama sekali belum pernah “menyentuh” IELTS. Bahkan tipe-tipe soalnya seperti apa saja tidak tahu, karena sebelumnya saya hanya belajar TOEFL. Otomatis, di tes IELTS ini saya harus mempersiapkan tes dari dasar, ditambah lagi saya juga sudah lama tidak “menyentuh” buku-buku berbahasa Inggris dan semacamnya. Jadilah saya cukup kagok, termasuk harus mengulang materi-materi grammar dan tenses.

Atur Jadwal Belajar, dan Komitmen!

Karena saya juga bekerja office hour, maka saya hanya punya waktu di pagi hari (sebelum berangkat kerja), siang saat istirahat, serta malam sepulang kerja. Dalam 1,5 hingga 2 bulan terakhir saya mengatur jadwal sebagai berikut:

Pagi      : Writing dan Reading

Siang    : Online course dari Youtube, IELTS-simon, dsb.

Malam  : Listening dan Speaking

Ketika siang hari waktu istirahat, saya terkadang menggunakan waktu istirahat siang saya dengan browsing internet dan Youtube, karena di rumah saya tidak punya bandwidth melimpah, hehe. Jadilah saya memanfaatkan jaringan internet kantor saat istirahat untuk belajar.

Intinya saya membagi waktu sesuai kemampuan saya, dan juga sesuai dengan karakter section tes-nya. Misal, karena reading comprehension saya jelek, pada pagi hari saya lebih memilih writing dan reading karena ketika reading saya membutuhkan (paling) banyak konsentrasi dibandingkan dengan listening dan speaking. Saya lebih memilih speaking pada malam hari karena latihannya bisa lebih santai menjelang tidur, begitu juga listening yang sifatnya lebih “sedikit menghibur” dibandingkan dengan tipe section tes lainnya. Pembagian jadwal belajar per section ini membantu saya mengorganisir IELTS comprehension saya di semua section tes, agar hasilnya tidak terlalu timpang.

Membuat Daily Progress Report

Selain membagi jadwal belajar, saya juga membuat tabel yang isinya adalah progress report harian saya. Jadi di setiap harinya, saya selalu punya catatan: belajar tentang A di Listening Section, belajar tentang B di Writing Section, perkiraan band score per section saat latihan soal (dengan presentase soal yg saya jawab betul), serta latihan soal mana yang saya gunakan, misalnya Cambridge 3, Barron’s Practice 1, dan sebagainya. Hal ini membantu saya untuk melihat bagaimana pembagian waktu saya dalam belajar, serta capaian saya dalam belajar, apakah mengalami kenaikan, penurunan, atau stagnan. Terlampir contoh tabel yang saya pakai untuk daily progress report. Silakan dipakai jika dapat membantu :) –> IELTS Progress – Ika

Berdoa

Percaya atau tidak, selalu ada X-factor yang membantu kita. Jadi berdoalah supaya usaha kita berkah dan ketika ada kesulitan, X-factor itu akan ada, hehehe. Sebenarnya saya kemarin pesimis apakah saya akan mencapai target band score saya. Pasalnya, ketika mengerjakan tes, saya merasa kurang teliti sehingga dalam mengisi jawaban kurang sesuai dengan instruksi. Kalau tidak salah, perintahnya cukup dengan mengisi huruf, A, B, C, D, dsb. Akan tetapi, saya malah mengisi dengan kata-kata yang menjadi jawabannya, misalnya “pilot”, “aisle”, dsb. Sehingga sepulang tes pun saya agak pasrah karena menganggap saya tidak mengikuti instruksi dalam menjawab soal. Ternyata eh ternyata, Reading Section saya mendapat band score 8.5! #jingkrakjingkrak

Sekian sharing saya tentang pengalaman belajar IELTS. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

🙂

 
3 Comments

Posted by on July 28, 2015 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , ,

3 responses to “Tips Belajar IELTS (Band Score: 7.5) Part 2

  1. Fikriyah Winata

    December 5, 2015 at 5:29 am

    Ciiiin.. Thanks for sharingg yaaaa… :))
    Selamat btw! Oiah excelnya juga makasiih hahaha akan gue jadikan toefl dan gre progress..

     
  2. candra

    May 25, 2016 at 8:09 am

    mbakkk.. nanya2 dong.. kalo web yang bagus buat belajar bahasa inggris di mana ya? saya udah coba googling blm pernah nemu yang oke bgt..

    sekarang sih buka https://www.duolingo.com untuk belajar dasar2. tapi masi berasa kurang…

    boleh di share web2 blajar bahasa inggrisnya ya mbak..
    terima kasihh

     

Leave a Reply

 
