RSS

Tips Belajar IELTS (Band Score: 7.5)

23 Jun

Bulan Desember 2014 lalu saya mengambil tes Academic IELTS pertama saya. Hasilnya? Alhamdulillah cukup memuaskan. Overall Band Score saya 7.5, dengan nilai Listening 6.5, Reading 8.5, Writing 7.0, dan Speaking 7.0. Cukuplah untuk mendaftar 50 besar universitas dunia, tapi perkara diterima atau tidaknya itu urusan nanti. hehehe.

Persiapan tes IELTS saya bisa dibilang tidak lama, hanya sekitar 1,5 bulan efektif. Persiapan itu benar-benar saya mulai dari NOL. Mulai dari saya membaca apa saja yang akan diujikan di IELTS, bagaimana tipe soalnya (yang sudah tentu berbeda dengan TOEFL), latihan reguler (tidak setiap hari), serta mempelajari tips-tipsnya.

Bahan Belajar: Barrons, Cambridge, IELTS Simon, dan Youtube

Bahan belajar saya ambil dari buku IELTS terbitan Barron’s, IELTS dari Cambridge (Edisi 1-9), website IELTS Simon (www.ielts-simon.com), dan Youtube. Semua materi tersebut tidak saya lahap semuanya. Hanya saya ambil parsial, karena jika dalam 1,5 harus melahap semua materi yang ada bagi saya kurang feasible mengingat saya juga bekerja office hour dan pada saat yang sama juga menyiapkan aplikasi beasiswa (tetapi belum lulus, hehe).

IELTS Barron’s vs IELTS Cambridge

Buku IELTS terbitan Barron’s lebih saya pakai untuk tambahan materi dasar, seperti beberapa style dalam mengucapkan nomor telepon, membuat kerangka writing, tips-tips mengerjakan soal, dan sebagainya. Sedangkan buku IELTS terbitan Cambridge saya fokuskan untuk latihan soal sehari-hari dalam semua section soal baik listening, reading, writing, dan speaking. Hal tersebut karena menurut teman-teman saya yang sudah mengikuti tes IELTS terlebih dahulu mengatakan bahwa tipe soal lebih mirip ke IELTS Cambridge daripada Barron’s. Buku IELTS Barron’s dapat diperoleh di toko buku dengan harga sekitar 500-600 ribu rupiah (saya lupa tepatnya).

IELTS Simon

Website http://www.ielts-simon.com ini sebenarnya adalah sejenis blog yang dimiliki oleh (mantan) examiner IELTS. Di website ini, kita bisa belajar tips-tips dalam mengerjakan IELTS, termasuk juga latihan soal yang disertakan contoh jawaban dan review-nya. Meskipun demikian, contoh jawaban tidak diberikan di waktu yang sama dengan pemberian soal sehingga kita seperti belajar dengan tutor. Materi di dalam website ini di-update hampir setiap hari. Beberapa waktu terakhir, pemilik website juga memberikan materi dalam bentuk video gratis dan berbayar. IELTS Simon ini banyak membantu saya dalam writing section. 

Youtube

What we cannot find on Youtube? Sepertinya semua ada di youtube. Mulai dari video cover lagu, cara membuat kue, sampai siaran TV BBC semuanya ada, termasuk juga materi belajar IELTS. Saya sendiri menggunakan youtube untuk belajar tips-tips IELTS, dan melihat beberapa contoh speaking section, dari yang score-nya jelek sampai yang bagus. Dari sana, saya bisa mengukur bagaimana kualitas speaking saya, dan juga memperkirakan bagaimana kira-kira speaking section berlangsung. Untuk writing, kita dapat menemukan video bagaimana cara menyusun struktur tulisan dan mengatur waktu ketika mengerjakan soal.

—–

to be continued…

 
2 Comments

Posted by on June 23, 2015 in Uncategorized

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Tips Belajar IELTS (Band Score: 7.5)

  1. alfisyahriyani

    June 26, 2015 at 2:55 am

    kayaknya gue mesti berguru neh. Lu pusing ajah dapet 7.5 lo ka, hahaha

     
    • Nor Rofika Hidayah

      July 27, 2015 at 9:58 am

      hahahah, gw ajah dpt 7.5 apalagi lo tem anak sastra enggres😛

       

Leave a Reply

 
