RSS

Hebohnya Maulid Nabi di Lombok

18 Feb

Sesuai judulnya, saya yang sudah berbulan-bulan tidak menulis blog ini, akan segera bertobat dengan menuliskan cerita saya selama Maulid di Lombok.

Well, sesuai judulnya, menurut saya Perayaan Maulid Nabi di Lombok cukup heboh. Tak cukup hanya pemerintah RI mewarnainya dengan warna merah, alias libur nasional. Di Lombok, Maulid nabi tak kalah heboh dengan Lebaran di Jawa.

Beginilah khas Maulid di Lombok: masak besar seperti orang punya gawe, mengundang sanak famili dan teman-teman. Semacam open house. Dan kita yg diundang, cukup datang, duduk, basa-basi sebentar, keluarlah hidangan, makanlah kitaaa… haha. Hidangannya bermacam-macam, mulai dari gulai ayam, daging (sejenis rendang), makanan ringan, buah, dll. Tergantung si empunya rumah. Yang mampu bahkan sampai menyembelih sapi. Jika perlu, diadakan arisan sekampung dan digilir, siapa tahun ini yg dapat arisan sapi. Haha.

Bagi orang Lombok, Maulid ini adalah bulan perbaikan gizi. Bagaimana tidak? Selama sebulan penuh, setiap harinya akan ada undangan makan-makan. Cukup datang, duduk, makan, pulang. Datang, duduk, makan. Begitu semuanya. Hari ini Desa A, besok Desa C, besoknya lagi desa F. Begitu seterusnya. Kalau ada beberapa teman di satu kampung, maka bersiaplah maraton makan-makan di desa tersebut. Hehe.Dalam sesorean sampai malam, saya bisa menghadiri 3 undangan Maulid. Alamat pulang-pulang ke Depok bobot saya naik 2kg. Haha. Yang lebih parah lagi, teman saya cerita kalau sesorean sampai malam dia menghadiri 6 (e.n.a.m) undangan Maulid! E buset, perut apa karet???

Itulah wujud “semakin banyak teman, semakin banyak rizqi”. Haha. Makanya banyak-banyak teman/ menjalin silaturahmi (kalau di Lombok), biar banyak rizqi (a.k.a diundang Maulid).😀

Selain undangan makan, di masjid-masjid juga ada perlombaan, mulai dari tilawah, adzan, qosidahan, dan semacamnya. Belum lagi acara lomba lainnya (non agamis) mirip lomba tujuh belasan seperti panjat pinang. Hadiahnya? Mulai dari kaos bola sampai kecap botolan, semua ada.

Kenyangnya Maulid di Lombok. Semoga tahun depan bisa Maulid di Lombok lagi ya Allah. Amiiinnn…

 

Senggigi, 18 Feb 2014

 

Tags: , ,

2 responses to “Hebohnya Maulid Nabi di Lombok

  1. ratih

    December 9, 2014 at 2:10 pm

    ceritanya2 menarik banget, norofika… mulai skrg aku jadi pembaca setia blog kamu ya… sering2 nulis yaaa.. hehehe…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: