RSS

Keindahan Tak Terpoles: Gili Nanggu

15 Dec
Image

Pemandangan siang hari di Gili Nanggu

Pernah menginap di private island?

Kalau belum pernah, cobalah sekali-kali. Rasanya seru! Yang jelas serasa jadi ratu/raja di pulau sendiri. hehe. Saya mampir ke Nanggu awal Desember lalu. Ditambah lagi, saat itu yang menginap hanya kami ber-empat: saya, om saya, om saya, dan om saya (maklum, hidup saya dikelilingi om-om), haha.

Sejak berkunjung ke Pulau Nanggu, saya jadi sering iseng, cari berapa sih rate kalau menginap di resort yang berada di private island? Ternyata oh ternyata, harganya nggilani. Rata-rata semalam minimal 500an USD alias lima juta-an. Ada juga sih yang harganya “cuma” 150an USD, tapi jarang. Kalau yang mahal, semalam ada yang sampai 200-jutaan bahkan lebih. Belum lagi kalau nginepnya nge-blok sepulau. Cari tahu aja sendiri. Hehehe.

Image

Salah satu kepiting yang kami temukan di tepi pantai. FYI, kepiting ini sudah mati, hanya tinggal cangkangnya yang cantik.

Nah, kalau yang belum pernah, bisa coba ke Gili Nanggu. Pulau yang sempat gempar karena diisukan dijual ke pihak asing ini hanya punya satu akomodasi. Namanya Gili Nanggu Cottage & Bungalows. Unit kamarnya pun tak sampai 20 buah. Dan lagi, yang jelas penginapannya tak sekelas resort atau hotel. Fasilitasnya sangat basic, karena pemiliknya memang tak bertujuan untuk mencari dollar dari penginapannya. Hanya cukup bertujuan supaya pulau ini terawat saja. Makanya dibuatlah cottage dan bungalow di dalamnya. Jangan berharap ada air panas, karena listrik terbatas (dari genset). Akan tetapi, suplai air tawar aman karena ada pipa langsung yang berasal dari mainland, yaitu Lombok.

Image

Pantai berkarang di salah satu pantai di Nanggu

Saya hanya menginap semalam di Nanggu. Tapi semuanya cukup menyenangkan. The island  is too beautiful, thus any basic facilities are more than enough. Saya pikir tamu yang mencari keindahan alam, bertujuan untuk escape, tak akan komplain apapun tentang Nanggu. Karena seperti yang saya bilang: the island is too beautiful!

Image

Pantai dengan pemandangan perbukitan yang hijau dan diselingi siluet anak-anak Rinjani

Ketika di sana, saya muterin pulau 360 derajat, and that was wonderful! Seolah-olah saya seperti disuguhi slideshow berbagai pemandangan. Pesona Nanggu benar-benar lengkap. Pantai cantik dengan gradasi air sebening kristal, toska, biru muda, dan biru gelap. Di sekelilingnya adalah pemandangan perbukitan Lombok, hijau dan siluet silih berganti. Mau cari pantai jenis apapun ada: yang pasirnya putih bersih, pantai pasir merica, pantai berkarang, hingga pasir hitam yang sparkling. Pasir mericanya pun ada dua jenis: golden grainy sands dan yang berwarna pink agak orange. Superb!

Jika mau snorkling, cukup 10 meter dari bibir pantai, maka ikan dan karang warna-warni sudah menjamur. Belum lagi ikannya “ramah”. Kalau kita pelototin, kadang mereka cuma balik melototin kita, sesekali mundur malu-malu, lalu melototin kita lagi. hehe. Bahkan waktu saya sekadar gerak-gerakin jari tangan, mereka bukannya lari tapi malah ramai mendekat. Dikiranya saya bawa roti, tapi setelah beberapa lama mereka sadar kalau saya tak bawa roti, jadilah mereka cuek setelah tahu saya cuma “ngibul” nggak bagi-bagi roti. Hehe

(To be continued…)

Cerita tentang Nanggu masih berlanjut. Will be posted soon🙂

 

2 responses to “Keindahan Tak Terpoles: Gili Nanggu

  1. andre

    January 8, 2013 at 2:20 pm

    mau nanya harga penginapan di gili nangu brp semalemnya?thx

     
    • Nor Rofika Hidayah

      January 11, 2013 at 3:24 am

      sekitar 300-400 ribuan sepertnya. bisa dicek juga di webnya langsung: gilinanggu.com. cuma ga tau apakah harga itu update atau tidak.
      Waktu itu kantor yang urus soalnya.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: