RSS

From Kitchen with Love

27 Mar

Saya sudah mulai mengerti dengan apa yang disebut “memasak dengan hati”. Awalnya dulu, saya heran kenapa takaran garam, gula, dan bumbu-bumbu lain masakan ibu saya tetap saja pas meskipun beliau sedang puasa. Ternyata, kuncinya ada pada “memasak dengan hati”, dengan perasaan, alias mengira-ngira, dan juga terbiasa.🙂

Terkadang saya berpikir, bisa jadi yang disebut dengan memasak dengan perasaan itu artinya adalah memasak dengan sepenuh hati, tanpa terpaksa. Bukan sekedar karena perut lapar dan bosan dengan masakan warung. Bukan pula karena sekedar ingin menghemat. Memasak, jauh lebih dari sekedar itu.

Ada cinta yang berbaur bersama pedasnya merica, sedapnya bawang putih, ketumbar, asinnya garam, dan bahkan manisnya gula. Bumbu-bumbu itu, bahkan mewakili perasaan cinta itu sendiri. Berupa-rupa rasanya. Ada yang manis, pedas, asin, pahit, dan lain-lain dengan rasa khasnya. Bahkan jenis pedas pun berupa-rupa. Ada pedas karena cabai, ada pedas karena merica, juga pedas karena jahe. Justru rasa yang bermacam-macam itulah yang menjadikan masakan itu istimewa, khas, seperti halnya cinta. (Ehm….hehehe)

Mungkin itulah yang sebenarnya menjadikan seseorang selalu merindukan masakan rumah, terutama masakan seorang ibu, tidak terkecuali saya. Bahkan tak hanya cinta yang berbaur bersama bumbu-bumbu dapur itu. Di sana juga ada rindu. Barangkali itulah yang menyebabkan tak pernah ada restoran manapun yang bisa mengalahkan kerinduan kita pada masakan rumah. Karena di restoran manapun, semahal apapun, dan seenak apapun, makanannya tidak dimasak dengan cinta seperti yang dilakukan ibu.

Mungkin itulah juga yang menyebabkan kita tidak pernah bosan dengan masakan rumah. Karena sekali lagi, ada cinta, dari tangan pembuatnya.😉

*sedang kangen rumah, kangen Ibu, kangen Bapak, kangen Lala & Dani.😥

 
Leave a comment

Posted by on March 27, 2011 in hobby

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: